PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS BERBASIS PROJECT SCIENCE TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS(HOTS) SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 TAEBENU

LATUHERU, Bethany Lusia Adriana (2025) PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS BERBASIS PROJECT SCIENCE TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS(HOTS) SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 TAEBENU. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode pemberian tugas berbasis project science berdampak pada kemampuan High Order Thingking Skills (HOTS) siswa di mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Taebenu.Penelitian eksperimen ini menggunaka nmetode pretest-posttest control group, dan populasinya berjumlah 106 siswa. Ada dua kelas sampel, terdiridari 26 siswa kelas XI IPA-1 yang berfungsi sebagai kelas kontrol dan 26 siswa kelas XI IPA-2 yang berfungsi sebagai kelas eksperimen. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive. Pengumpulan data menggunakan test. Data diuji dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pemberian tugas berbasis project science memiliki pengaruh yang signifikan dengan perolehan sig. 0,011 < 0,05. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa metode pemberian tugas berbasis project science memiliki kemampuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir Tingkat tinggi (HOTS) dengan memanfaatkan metode ini secara efektif melalui cara belajar yang menciptakan produk nyata (project science). Indikator HOTS meliputi level menganalisis (analyze), mengevaluasi (evaluate), mencipta (create). Pada kelas eksperimen siswa diberikan tugas yakni pemberian tugas berbasis Project Science dengan pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga siswa dapat belajar dengan berdiskusi aktif dalam kelompok untuk menciptakan dan menghasilkan suatu produk. Sedangkan pada kelas control siswa tidak diberikan tugas yakni pemberian tugas berbasis Project Science dengan metode ceramah. Metode ceramah merupakan metode yang berpusat pada guru, sehingga siswa pasif menerima informasi dari guru sehingga siswa tidak terdorong untuk berpikir secara kristis dan kreatif untuk menciptakan dan menghasilkan suatu produk. Melalui project science, siswa dapat mengembangkan keterampilan analisis, evaluasi, dan mencipta yang dibutuhkan untuk berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan hal ini dapat di simpulkan ada pengaruh metode pemberian tugas berbasis project science terhadap HOTS siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Taebenu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode PemberianTugas, Project Science, HOTS
Subjects: L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 20 May 2025 01:17
Last Modified: 20 May 2025 01:17
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5128

Actions (login required)

View Item View Item