PUNUF, Sefrida Y. (2021) PENGEMBANGAN ATLAS VERTEBRATA DARAT UNTUK SISWA SMA NEGERI 1 AMANUBAN SELATAN. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
01. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (934kB) | Preview |
|
|
Text
03. BAB I.pdf Download (111kB) | Preview |
|
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
|
![]() |
Text
05 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
|
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
|
|
Text
07. BAB V.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan. Berdasarkan hasil observasi awal terdapat beberapa kendala dalam pembelajaran yaitu siswa masih terlihat malas megikuti pembelajaran karena guru hanya monoton mendikte dan menyuruh siswa mencatat ketika proses belajar mengajar berlangsung serta kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam belajar memahami materi vertebrata darat maka dikembangkan media Atlas vertebrata darat. Tujuan pengembangan ini yaitu menghasilkan media pembelajaran berupa atlas vertebrata darat yang valid sehingga layak digunakan oleh siswa SMA N.1 Amanuban Selatan dan mengetahui respon siswa terhadap atlas vertebrata darat. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu: tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan saja. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan post tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa komentar dan saran perbaikan produk dari ahli materi, ahli desain, ahli media, dan siswa, serta terdapat validasi uji keterbacaan oleh ahli materi. Data kuantitatif adalah data skor penilaian ahli materi, ahli media pembelajaran dan ahli media dan hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar yaitu angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan atlas vertebrata baik dan layak digunakan untuk proses pembelajaran di sekolah. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi sebesar 86,45%, ahli desain sebesar 80%, ahli media sebesar 94,44%, hasil ujicoba kelompok kecil sebesar 81,25%, hasil uji coba kelompok besar sebesar 81,45%. Dari hasil persentase diatas menunjukan bahwa atlas vertebrata darat valid dan layak sehingga diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan pada pembelajaran disekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Atlas vertebrata darat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 23:34 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 23:34 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/509 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |