ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA KELAS X A SMA NEGERI 1 TAEBENU

RONDO, Yul (2025) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA KELAS X A SMA NEGERI 1 TAEBENU. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (567kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (581kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (440kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (500kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi digital siswa dalam pembelajaran biologi di kelas X A SMA Negeri 1 Taebenu. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi langsung, wawancara, angket, dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan pada 23 Februari 2024 menunjukkan bahwa sekolah telah mengimplementasikan pembelajaran berbasis teknologi digital dalam mata pelajaran biologi, menciptakan suasana belajar yang dinamis dengan partisipasi aktif dari guru dan siswa. Media pembelajaran yang digunakan mencakup buku teks konvensional yang diintegrasikan dengan teknologi digital seperti YouTube dan PowerPoint. Hasil wawancara dengan guru biologi mengungkapkan pentingnya literasi digital dalam memberikan akses ke informasi terkini yang tidak selalu tersedia dalam buku teks. Sekolah mendukung implementasi ini dengan menyediakan fasilitas WiFi dan laboratorium komputer, serta melibatkan orang tua dalam penyediaan perangkat dan paket data untuk pembelajaran di rumah. Tantangan utama yang diidentifikasi adalah potensi penyalahgunaan perangkat digital oleh siswa. Analisis angket menunjukkan respon sangat positif terhadap implementasi literasi digital berbasis kelas, dengan rata-rata 89,65% responden menyatakan sangat setuju dan 10,34% setuju. Aspek tertinggi ditemukan pada kemampuan mengumpulkan tugas dalam format digital (96,55% sangat setuju), sementara penggunaan media digital dalam pembelajaran mendapat 93,10% respon sangat setuju. Platform Google Classroom untuk pemberian tugas juga mendapat sambutan positif dengan 89,65% sangat setuju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital telah berhasil diintegrasikan dalam pembelajaran biologi, menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan efektif dengan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Pembelajaran Biologi, Teknologi Pembelajaran.
Subjects: L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ms Sarce Henukh
Date Deposited: 20 May 2025 03:19
Last Modified: 20 May 2025 03:19
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5065

Actions (login required)

View Item View Item