PEMBELAJARAN SENAM IRAMA BERBASISMEDIA AUDIO VISUAL DI SMP NEGRI 10 KOTA KUPANG

NOBEL, Salomi (2024) PEMBELAJARAN SENAM IRAMA BERBASISMEDIA AUDIO VISUAL DI SMP NEGRI 10 KOTA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (890kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)
[img]
Preview
Text
07. BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Bedasarkan hasil pengamatan peneliti selama mengajar di kelas VII SMP Negeri 10 Kota Kupang ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran. Permasalahan tersebut adalah sebagai berikut (1) Dalam pembelajaran senam irama belum ada media yang digunakan untuk menunjang pembelajaran senam irama. Tujuan penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran senam irama berbasis media audio Visual pada Siswa SMP N.10 Kota Kupang. Metode penelitian: Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang digunakan sebagai cara atau prosedur untuk mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan: Berdasarkan hasil wawancara dan hasil penelitian Dari hasil pengamatan awal kurangnya maksimal nilai rata-rata berkisar 55/100 menunjukkan bahwa secara keseluruhan kinerja peserta dalam senam irama di bawah standar yang diharapkan angka ini mencerminkan beberapa aspek yang dinilai seperti keterampilan gerakan : 60, Kesesuaiaan irama : 50, Koordinasi : 55, Jika kita jumlahkan 60 + 50 + 55= 165 Kemudian di bagi dengan 3 (Jumlah Kategori Hasilnya adalah 55) Nilai 55 menunjukkan bahwa peserta berada di bawah standar yang di harapkan sehingga perlu latihan dan bimbingan lebih lanjut untuk meningkatkan kemampuan mereka. Berdasarkan hasil penelitian dari tiga tahapan senam irama dari 20 orang subjek penelitian di sekolah SMPN 10 Kota Kupang. dari 20 orang siswa terdapat 9 Orang siswa yang mengerti senam irama yaitu dibagian pemanasan, inti dan pendinginan, Sedangkan 7 orang tidak mengerti di bagian tahap gerakan inti juga tidak konsetrasi dalam mengikuti senam irama, dan 4 orang siswa/i belum mengerti senam irama bagian pemanasan, gerakan inti dan pendinginan jadi sangat diharapkan agar bisa diberikan perhatian yang lebih agar seluruh siswa/i bisa megerti gerakan senam irama tersebut. Simpulan: Bahwa Data hasil Pembelajaran Senam Irama Berbasis Media Audio Visual Di SMP N. 10 Kota Kupang Masih kurang efektif karna kurangnya paraktek dan niat siswa dalam melakukan senam irama di lapangan. Maka tugas guru adalah untuk membimbing, memberi motivasi dan memberi dorongan agar peserta didik mempunyai keinginan untuk melakukan senam irama sesuai dengan materi yang di berikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, senam irama berbasis media audio visua
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Bertha Ndiy
Date Deposited: 13 May 2025 02:19
Last Modified: 13 May 2025 02:19
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/5061

Actions (login required)

View Item View Item