WADU, Jeane (2022) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DI MEDIA SOSIAL DAN ATRAKSI WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE WISATA ALAM FATUMNASI (Survei Pada Pengguna Facebook dan Instagram. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
01. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (758kB) | Preview |
|
|
Text
03. BAB I.pdf Download (101kB) | Preview |
|
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
|
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
|
|
Text
07. BAB V.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-wom terhadap keputusan berkunjung dan pengaruh atraksi wisata terhadap keputusan berkunjung pada wisata alam Fatumnasi. Penelitian ini dilatar belakangi Dengan adanya media sosial online yang memiliki jangkauan luas seluruh dunia, masyarakat mulai mengubah cara promosi mereka dari yang bersifat konvensional menjadi bersifat modern yaitu mempromosikan menggunakan sosial media online berupa facebook. Salah satu kegiatan promosi yang sering dilakukan para pengguna facebook saat ini yaitu promosi wisata. Promosi objek wisata yang dilakukan melalui media sosial tersebut adalah cara yang bersifat baru dan dapat mendorong perkembangan wisatawan (Fatanti & Suyadnya, 2015). Selain itu, media sosial juga mampu memberikan dampak positif dalam media pemasaran objek wisata suatu daerah dilihat dari segi biaya, efektivitas serta kemudahan dalam menjalankan promosi melalui media ini sehingga menjadikan facebook semakin diminati banyak pihak dalam melakukan promosi dan Berdasarkan data dari tabel 1.1 dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan dari tahun 2016 sampai tahun 2019 dan terjadi penurunan kunjungan wisatawan pada tahun 2020. . Dalam hal ini peneliti mengangkat 3 variabel yaitu e-wom, atraksi wisata, dan keputusan berkunjung. Dalam penelitian ini data yang digunakan yaitu data primer yang diambil sampel sebanyak 100 responden. Kemudian data diproses menggunakan analisis regresi linear berganda. Sampel yang digunakan adalah para pengguna media sosian Facebook dan Instagram yang pernah berkunjung ketempat wisata alam Fatumnasi. Dari hasil pengolahan data yang dikumpulkan tersebut diuji berdasarkan persamaan regresi linear berganda dengan uji hipotesis pertama yaitu bahwa untuk e-wom (X1) ditemukan t hitung = 4.664 lebih besar dari t tabel = 1.660 dan tingkat sig = 0,000. Oleh karena nilai sig < 0,05 maka Ho (b1>0) diterima yaitu variable e-wom (X1) berpengaruh positif secara parsial teerhadap keputusan berkunjung (Y). dan uji hipotesis kedua yaitu bahwa untuk variable atraksi wisata (X2) ditemukan t hitung = 4.134 lebih besar dari t tabel = 1.660 dan tingkat sig = 0,000. Oleh karena nilai sig > 0,05, maka Ho (b2 = 0) ditolak dan H2 (b2>0) diterima yaitu variabel atraksi wisata (X2) berpengaruh positif secara parsial terhadap keputusan berkunjung (Y). dan dilihat bahwa nilai Fhitung sebesar 53,489 > F tabel 3,09 dengan sig = 0,000.oleh karena nilai sig<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel e-wom (X1) dan atraksi wisata (X2) secara simultan memiliki pengaruh terhadap keputusan berkunjung (Y). sedangkan nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah diketahui bahwa pengaruh e-wom terhadap keputusan berkunjung dengan nilai sebesar 0,006 dan hubungan yang terjadi antara lingkungan keluarga dengan minat berwirausaha juga sangat lemah dengan nilai sebesar 0,022. Penelitian ini menunjukan secara teori terbukti bahwa e-won berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung pada tempat wisata alam Fatumnasi. Dengan demikian semakin baik pemanfaatan dan pengelolaan e-wom maka akan semakin meningkat pula keputusan berkunjung pada wisata alam Fatumnasi. Penelitian ini juga menunjukan bahwa secara teori atraksi wisata memiliki pengaruh positif terhadap keputussan berkunjung pada wisata alam Fatumnasi. Dengan demikian semakin banyak atraksi wisata yang ada maka dapat meningkatkan keputusan berkunjung pada wisata alam Fatumnasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-wom, atraksi wisata, keputusan berkunjung |
Subjects: | Economic > Economy Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 02:02 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 03:32 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/457 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |