TAUNUS, Bernad (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PERMAINAN KECIL HITAM HIJAU PADA SISWA KELAS V SD INPRES LASIANA. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER - BIODATA PENELITI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (376kB) |
Abstract
Latar belakang: Masih rendahnya keaktifan gerak dasar start lari sprint melalui permainan hitam hijau dalam pembelajaran hitam hijau gaya start gaya lari dan kurang memahami antara kelompok hitam dan hijau pada sisawa kelas V SD Inpres Lasiana. Tujuan penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pembelajaran pendidikan jasmani materi pokok hasil belajar lari sprin melalui permainan kecil hitam hijau hasil belajar start lari,hasil gaya lari memahami kelompok hitam dan hijau metode permainan pada siswa kelas V SD Inpres Lasiana. Metode penelitian: penelitian merupakan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan siklus. Menurut Agus Kristiyanto (2010: 18), tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk memperoleh cara meningkatkan atau memanipulasi perlakuan atau tindakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani agar proses dan hasil pembelajaran pendidikan jasmani menigkat. Ada empat tahapan penting dalam penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting) (Agus Kristiyanto, 2010: 54). Keempat tahapan dalam penelitian tindakan kelas tersebut akan membentuk sebuah siklus. Jadi satu siklus dimulai dari tahap perencanaan sampai dengan refleksi. Hasil dan pembahasan:Hasil penelitan ini menunjukan bahwa dengan hasil data temuan yangdiperoleh peneliti pada kondisi awal pra siklus ke siklus I sampai akhir siklus II. Persentase nilai ketuntasan hasil belajar Peserta Didik kelas V SD Inpres Lasiana pada kondisi awal pra siklus sebesar (55,55%) atau sejumlah 15 Peserta Didik yang mencapai ketuntasan belajar dari 27 Peserta Didik keseluruhan, kemudian pada siklus I terjadi peningkatan sebesar (66,66%) atau sejumlah 18 Peserta Didik dan pada akhir siklus II meningkat sebesar (88,88%) atau sejumlah 24 Peserta Didik yang mencapaiketuntasan belajar, sehingga peningkatan dari kondisi awal pra siklus hingga akhir siklusII sebesar(96,88%). Simpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan model pembelajaran permainan hitam hijau dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint, Hal inidapat dibuktikan berdasarkan hasil belajar peserta didik dari pra siklus yang signifikan pada peserta didik SD Inpres Lasiana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, lari, sprint, metode permainan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > Sports |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 01:45 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 01:45 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4542 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |