THE USE OF DUOLINGO GAMES AS A MEDIA IN LEARNING FOR STUDENTS’ WRITING PERFORMANCE AT SMP ANGKASA KOTA KUPANG

KAITA, Asti Rambu (2024) THE USE OF DUOLINGO GAMES AS A MEDIA IN LEARNING FOR STUDENTS’ WRITING PERFORMANCE AT SMP ANGKASA KOTA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (709kB)
[img] Text
2 ABSTRACT.pdf

Download (316kB)
[img] Text
3 CHAPTER I.pdf

Download (89kB)
[img] Text
4 CHAPTER II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
5 CHAPTER III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
6 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img] Text
7 CHAPTER V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
8 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (310kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah implementasi permainan Duolingo sebagai media dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pra-eksperimental dengan desain pre-test dan post-test dua kelompok. Sampel untuk penelitian ini terdiri dari dua kelas di SMP Angkasa Kota Kupang, khususnya Kelas 8, yang terdiri dari total 30 siswa, 15 siswa untuk kelas eksperimen dan 15 siswa untuk kelas kontrol. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan uji tulis yang melibatkan menceritakan tentang kehidupan sehari-hari siswa, yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu pre-test dan post-test. Skor uji menilai tujuh aspek: Autentisitas menulis, Kesesuaian isi dengan judul, Kohesivitas teks, Pilihan kosakata, Pilihan tata bahasa, Penulisan kosakata, Kerapihan penulisan. Berdasarkan analisis data penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa implementasi permainan Duolingo sebagai media untuk memperkaya kosakata dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa di Kelas 8 SMP Angkasa Kota Kupang. Hal ini terlihat dari peningkatan skor utama siswa di kelas eksperimen, naik dari 50,5 dalam pre-test menjadi 82 dalam post-test, menunjukkan peningkatan 61% dalam keterampilan menulis mereka. Dalam perbandingan, kelas kontrol memperoleh skor 48 dalam post-test, menunjukkan peningkatan 70% dari kelas kontrol ke kelas eksperimen. sedangkan pada sampel uji berpasangan, terdapat hasil yang singnifikan antara pre-test dan post-test berdasrkan hasil nilai, nilai t-test experimen dan conrol kelas (2.366≥0.279) dengan df=N-1 dan df=N-2 hal ini berarti, hipoteses(Ho) ditolak dan hipotesis (H1) diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode ini meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam proses pembelajaran. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan, dan peneliti berharap bahwa penelitian masa depan dapat mencapai hasil yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Duolingo Game as a Learning Media, ImprovementMedia, Writing Skills
Subjects: L Education > English Language
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:15
Last Modified: 09 Oct 2024 03:34
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4336

Actions (login required)

View Item View Item