TAMONOB, Maria Magdalena (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH DI POLITEKNIK NEGERI KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
Abstract
Menurut UU Nomor 20 Tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar danterencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlakmulia serta keterampilan yang diperlukan masyarakat, bangsa, dan Negara.Akuntansi keuangan adalah bidang akuntansi yang bertujuan menghasilkan informasi keuangan dan ditujukan kepada pihak yang yang berkepentingan terhadap perusahaan. Informasi keuangan itu berupa laporan keuangan yang terdiri dari neraca, laporan perhitungan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan aliran kas. Sebagai perbandingan dan memperluas sekup pemahaman tentang akuntansi keuangan, akuntansi keuangan adalah serangkaian proses yang berujung pada penyusunan laporan keuangan yang berkaitan dengan perusahaan secara keseluruhan untuk digunakan oleh pengguna laporan keuangan baik internal maupun eksternal perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kemampuan dan usaha terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah akuntansi keuangan menengah, untuk menguji pengaruh kemampuan intelektual terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah akuntansi keuangan menengah, untuk menguji pengaruh fasilitas terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah akuntansi keuangan menengah, untuk menguji pengaruh motivasi mahasiswa pada mata kuliah akuntansi keuangan menengah. Teknik pengumpulan yang digunakan untuk mendapatkan data adalah menggunakan kuesioner dengan cara menyebarkan kuesioner dalam bentuk link google form melalui online kepada para responden yang sudah berisi pertanyaan dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah kuesioner yang dikembalikan responden. Kuesioner merupakan daftar pertanyaan yang diberikan kepada responden secara langsung maupun tidak langsung, selain itu kuesioner merupakan aspek penting dalam penelitian yang terdiri dari serangkaian pertanyaan untuk mengumpulkan informasi dari responden .Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah kemampuan dan usaha, kemampuan intelektual, fasilitas dan motivasi dalam prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah akuntansi keuangan menengah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda untuk dapat mengetahui pengaruh antar variable X (independen), terhadap variabel Y(Dependen) dan dibantu dengan alat uji statistic yaitu program SPSS versi 25 dan Ms.Exel 2010. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan akuntansi yang ada di Politeknik Negeri Kupang, sampel dari penelitian ini sebanyak 45 yang telah mempelajari akuntansi keuangan menengah. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. purposive sampling yaitu memilih sampel mahasiswa yang memenuhi kriteria-kriteria tertentu yaitu mahasiswa Politeknik Negeri Kupang, mahasiswa jurusan akuntansi, mahasiswa semester 6, mahasiswa yang telah mempelajari akuntansi keuangan menengah. Hasil penelitian ini menunjukan: variable kemampuan dan usaha berpengaruh pada prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah akuntansi keuangan menengah, kemampuan intelektual berpengaruh pada prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah akuntansi keuangan menengah, fasilitas tidak berpengaruh pada prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah akuntansi keuangan menengah dan motivasi tidak berpengaruh pada prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah akuntansi keuangan menengah Hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi kepentingan keilmuan yang kemudian dapat dijadikan acuan maupun referensi untuk penelitian mendatang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Dan Usaha, Kemampuan Intelektual, Fasilitas, Motivasi dan Mata Kuliah Akuntansi Keuangan menengah |
Subjects: | Economic > Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 01:00 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 01:00 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4150 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |