NDATE, Stefian Adiputra (2024) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING DAN SISTEM PEMBAYARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE PADA MASYARAKAT KOTA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
03. BAB I.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
![]() |
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
![]() |
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
![]() |
Text
07. BAB V.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul pengaruh online customer review, online customer rating dan sistem pembayaran terhadap keputusan pembelian di Shopee pada masyarakat Kota Kupang. Rumusan masalah yang akan di bahas dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian di Shopee pada masyarakat Kota Kupang, apakah ada pengaruh online customer rating terhadap keputusan pembelian di Shopee padamasyarakat Kota Kupang, dan apakah ada pengaruh sistem pembayaran terhadap keputusan pembelian di Shopee pada masyarakat Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian diShopee pada masyarkat Kota Kupang, untuk mengetahui pengaruh online customer rating terhadap keputusan pembelian di Shopee pada masyarkat Kota Kupang dan untuk mengetahui pengaruh sistem pembayaran terhadap keputusan pembelian di Shopee pada masyarkat Kota Kupang. Penentuan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota Kupang yang pernah atau biasa berbelanja di Shopee. Kemudian karna populasi tidak diketahui, maka penentuan sampel memnggunakan rumus rao purba menghasilkan 96 orang jumlah responden masyarakat Kota Kupang yang biasa atau pernah berbelanja di Shopee. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan melaui googleform. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, Uji parsial (uji t), Uji simultan(Uji F), dan koefisien determinasi (R2).Berdasarkan nilai indeks jawaban responden variabel online customer review diatas, nilai indeks setiap indikator berkisar antara 73,2 – 82,3. Dengan demikian jumlah dari seluruh indeks yaitu 397,7 dan nilai rata-rata indeks untuk variabel online customer review yaitu sebesar 79,5 berada dalam kategori tinggi Berdasarkan nilai indeks jawaban responden variabel online customer ratingdiatas, nilai indeks setiap indikator berkisar antara 80,7 – 82. Dengan demikian jumlah dari seluruh indeks yaitu 162,7 dan nilai rata-rata indeks 81,35 berada dalam kategori tinggi Sementara untuk nilai rata-rata indeks variabel sistem pembayaran (X3) yaitu dengan nilai indeks 82,8 berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil persamaan regresi linear brganda Y= 12,171 + 0,658 X1 + 0,622 X2 + 0,483 X3. Diketahui konstan regresi sebesar 12,171, kofisien regresi b1=0,658, koefisien regresi b2= 0,622 dan koefisien regresi b3= 0,483. Nilai konstan sebesar 12,171 artinya jika nilai online customer review (X1), online customer rating (X2) dan Sistem Pembayaran (X3) sama dengan nol, maka keputusan pembelian (Y) memiliki nilai sebesar 12,171 satuan. Koefesien regresi (b1) sebesar 0,658 artinya jika nilai online customer review (X1) mengalami kenaikan sebesar satu satuan, maka keputusan pembelian (Y) akan meningkat sebesar 0,658 satuan. Koefisien regresi bernilai positif artinya terdapat pengaruh positif online customer review (X1) terhadap keputusan pembelian (Y). Koefesien regresi (b2) sebesar 0,622 artinya jika online customer rating (X2) mengalami kenaikan sebesar satu satuan, maka keputusan pembelian (Y) akan meningkat sebesar 0,622 satuan. Koefisien regresi bernilai positif, artinya terdapat pengaruh positif online customer rating (X2) terhadap keputusanpembelian (Y). Koefisien regresi (b3) sebesar 0,483 artinya jika sistem pembayaran (X3) mengalami kenaikan sebesar satu satuan, maka keputusan pembelian (Y) akan meningkat sebesar 0,483 satuan. Koefisien regresi bernilai positif artinya terdapat pengaruh positif sistem pembayaran (X3) terhadap keputusan pembelian (Y). Implikasi Terapan: Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka peneliti dapat mengemukakan beberapa masukan sebagai berikut. Dengan diketahui bahwa variabel online customer review pada pada Shopee di kategori baik dan terlihat bahwa semua indikator variabel electronic word of mouth mendapatkan respon yang baik maka hal ini perlu di pertahankan bahkan di tingkatkan. Karena adanya fitur online customer review membuat konsumen lebih tertarik dan yakin melakukan keputusan pembelian pada shopee. Dengan diketahui bahwa variabel online customer rating pada pada Shopee di kategori baik dan terlihat bahwa semua indikator online customer rating mendapatkan respon yang baik maka hal ini perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan agar meneliti lebih jauh lagi tentang indikator keputusan pembelian pada indikator jumlah pembelian, karena memiliki nilai indeks dalam kategori sedang.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Shopee pada masyarakat Kota Kupang, secara parsial online customer rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di shopee pada masyarakat Kota Kupang, secara parsial system pembayaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di shopee pada masyarakat Kota Kupang dan secara simultan online customer review, online customer rating dan system pembayaran berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian di Shopee pada masyarakat Kota Kupang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Online Customer Review, Online Customer Rating, Sistem Pembayaran, Keputusan Pembelian |
Subjects: | Economic > Economy Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 04:30 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 04:30 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/4123 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |