UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII SMPS MARIA FATIMA NUROBO

MANENEN, Adrianus (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII SMPS MARIA FATIMA NUROBO. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (864kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)

Abstract

Latar belakang: Pembelajaran olahraga merupakan inti dari kegiatan pendidikan disekolah khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani bagi peserta didik serta peningkatan kemampuan gerak dasar yang dimiliki oleh peserta didik. Tujuan penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pada Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek Menggunakan Pendekatan Bermain Hitam Hijau Pada Siswa Kelas VII SMPS Maria Fatima Nurobo. Metode penelitian: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dan pembahasan: Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar lari jarak pendek menggunakan pendekatan bermain (Hitam-Hijau) pada siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan yaitu hanya 55,50% dari kriteri KKM yaitu 85% kriteria ketuntasan. Maka peneliti melanjutkan penelitian dengan siklus II dan memperoleh peningkatan hasil belajar dari 55,50% meningkat hingga 86,67%. Hal tersebut menunjukan bahwa hasil belajar lari jarak pendek menggunakan pendekatan bermain (Hitam-Hijau) mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Simpulan: penelitian ini menunjukkan bahwa meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek menggunakan pendekatan bermain (Hitam-Hijau) pada siswa kelas VII SMPS Maria Fatima Nurobo termsuk kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan jasmani, hasil belajar, kompetensi guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 14 Jun 2024 01:35
Last Modified: 14 Jun 2024 01:35
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3771

Actions (login required)

View Item View Item