PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VI SD NEGERI NOENAPAS KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

TABUN, Yusmina (2024) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VI SD NEGERI NOENAPAS KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER - DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (660kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (104kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

Meningkatkan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran merupakan kewajiban bagi seorang pendidik. Berdasarkan latar belakang permasalahan ditemukan beberapa faktor yang menyebabkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen menjadi rendah diantaranya : pemilihan metode yang tidak bervariasi, sehingga siswa merasa jenuh untuk aktif dalam kegiatan pembelajar, banyak peserta didik yang tidak tuntas dalam kegiatan belajarnya yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan pada SD Negeri Noenapas yaitu 70. sehingga keaktifan siswa dalam pembelajaran yang diinginkan belum tercapai atau sesuai yang ditargetkan, serta siswa belum berani maju kedepan bila ditunjuk oleh gurunya, sehingga siswa belum ada kemauan untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan metode Bermain Peran dalam pendidikan Agama Kristen untuk meningkatkan Keaktifan belajar pada siswa kelas VI di SD Negeri Noenapas, Kabupaten Timor Tengah Selatan? (2) Apakah ada peningkatan Keaktifan belajar Pendidikan Agama Kristen pada siswa kelas VI setelah penerapan metode Bermain Peran (role playing) di SD Negeri Noenapas, Kabupaten Timor Tengah Selatan?, Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode Bermain Peran (role playing) untuk meningkatkan Keaktifan belajar dalam Pendidikan Agama pada siswa kelas VI di SD Negeri Noenapas, Kabupaten Timor Tengah Selatan (2) Untuk mengetahui apakah ada peningkatan Keaktifan belajar dalam Pendidikan Agama Kristen pada siswa kelas VI setelah penerapan metode Bermain Peran (role playing) di di SD Negeri Noenapas, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) data yang diperoleh dari data kualitatif, teknik pengumpulan data melalui, Observasi dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa setelah metode bermain peran (Role Playing) diterapkan aktivitas belajar siswa mengalami penin peningkatan, hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas guru pada siklus 75% dan siklus II 89,5% sedangkan aktivitas peserta didik pada siklus I 65% dan siklus II 81%. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II 15% sedangkan aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II 16%. Dari analisis data dapat dipahami bahwa metode bermain peran (Role Playing) dapat meningkatkan ativitas guru dan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Peran (Role Playing), Keaktifan Belajar, Pendidikan Agama Kristen
Subjects: L Education > L Education (General)
Theology > Christian Theology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 06 Jun 2024 05:20
Last Modified: 06 Jun 2024 05:20
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3696

Actions (login required)

View Item View Item