MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MENGGUNAKAN METODE LOMPAT TALI

BANOLA, Etwin Imelhans (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MENGGUNAKAN METODE LOMPAT TALI. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (404kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (98kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)

Abstract

Latar belakang: Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa melalui kegiatan belajar. Lompat jauh menggunakan metode lompat tali bertujuan untuk menggenalkan masalah gerak (movement problem) lompat jauh secara umum khususnya lompat jauh secara tidak langsung, dan cara lompat jauh yang benar ditinjau secara otomatis, memperbaiki sikap lompat jauh serta meningkatkan motivasi siswa terhadap pembelajaran siswa. Lompat jauh menggunakan metode lompat tali dalam penjasorkes diharapkan dapat aktif bergerak dalam berbagai situasi dan kondisi yang menyenangkan dan menekankan pada aspek keterampilan, sikap dan pengetahuan siswa. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui dan meningkatkan hasil belajar penjasorkes khususnya pada materi lompat jauh yang sesuai dengan siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 10 Kupang, yang dapat efektif sehingga dalam materi lompat jauh siswa merasa senang dan materi dapat disampaikan dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran. Metode penelitian:Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena dalam penelitian ini merupakan upaya pemecahan masalah, terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan,observasi,dan refleksi. Hasil dan pembahasan: Penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam proses pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas IX UPTD SMP Negeri 10 Kupang. Menggunakan Metode pembelajaran lompat talidapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa baik, dari aspek psikomotorik, kognitif dan afektif.Ketuntasan hasil belajar siswa melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pertemuan terbimbing memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.Hal ini dapat terlihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan peneliti (ketuntasan belajar meningkat dari siklus 1 dan 2). Pada siklus 1 ketuntasan hasil belajar mencapai 63,93% sedangkan pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar mencapai 83,66%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 19,73%. Simpulan: Berdasarkan hasil analisis data refleksi pada setiap siklus, Pembelajaran lompat jauh melalui metode lompat tali dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa yang melebihi KKM yang telah ditetapkan yaitu 75 mengalami peningkatan yaitu pada siklus 1 ke siklus 2 sebesar 19,73% yaitu dari 63,93% (siklus 1) menjadi 83,66% (siklus 2). Pada pembelajaran lompat jauh menggunakan metode lompat tali pada siswa kelas IXA UPTD SMP Negeri 10 Kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, lompat jauh, lompat tali
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:23
Last Modified: 26 Jan 2024 01:23
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3162

Actions (login required)

View Item View Item