MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMP ANGKASA KUPANG

TENGGO, Alexander T. S. (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMP ANGKASA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
01. COVER - BIODATA PENULIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img]
Preview
Text
07. BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di SMP Angkasa Kupang pada kelas VII saat melakukan pengamatan, siswa-siswi tersebut masih banyak mengalami kesulitan dalam menerima materi pembelajaran lari jarak pendek yang telah diajarkan oleh guru. Hal tersebut dikarenakan proses pembelajaran lari jarak pendek di SMP Angkasa Kupang yang terlalu monoton. Siswa hanya di suruh melakukan pratek lari jarak pendek kemudian lansung dinilai oleh guru. Dengan cara pembelajaran tersebut banyak siswa yang kurang antusias, kurang bersemangat dan cenderung sering melakukan praktek tanpa mengetahui teknik dasar dalam melakukan lari jarak pendek setelah itu selesai. Proses pembelajaran lari jarak pendek guru fokus dengan pembelajaran pada materi dan monoton sehingga belum adanya pendekatan pembelajaran bermain yang menekankan pada hasil belajar lari jarak pendek yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek melalui pendekatan bermain pada pembelajaran penjasorkes di SMP Angkasa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dan ada empat tahapan penting dalam penelitian tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peneliti menggunakan 2 siklus. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan berupa pembelajaran penjas pada materi lari jarak pendek. Hasil penelitian lari jarak pendek melalui pendekatan bermain memasukan bola kedalam kotak pada siswa kelas VII di SMP Angkasa Kupang di peroleh rata-rata ketercapaian pada siklus 1 sebesar 63,5, rata-rata pada siklus 2 sebesar 87,5. Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain memasukan bola kedalam kotak pada pembelajaran lari jarak pendek dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VII di Smp Angkasa Kupang tahun ajaran 2022/2023 sudah sangat meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan, Hasil belajar, Lari jarak pendek, Pendekatan bermain
Subjects: L Education > Sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 19 Jan 2024 00:52
Last Modified: 19 Jan 2024 00:52
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/3115

Actions (login required)

View Item View Item