PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING BERBASIS ACTIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP NEGERI MET’ANA KECAMATAN KUANFATU TAHUN AJARAN 2020/2021

KASE, Maria Magdalena (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING BERBASIS ACTIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP NEGERI MET’ANA KECAMATAN KUANFATU TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img]
Preview
Text
7 BAB V.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing promting berbasis active learning terhadap kemampuan berpikir kritis siwa pada kelas VIII SMP Negeri Met’ana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen yaitu bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posstest-Only Control Design. Populasi seluruh siswa kelas VIII berjumlah 31 siswa dan sampel kelas VIIIA dan kelas VIIIB berjumlah 14 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Teknik analisis data menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh nilai F sebesar 4,124 serta hasil uji hipotesis diperoleh nilai t 9,032 dengan signifikan 0,000 atau kurang dari 0,05 hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh berpikir kritis siswa antara kelas kontrol dan eksperimen Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Probing promting berbasis active learning pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu Memberikan penjelasan sederhana 93%, Membangun keterampilan dasar 93,00%, Menyimpulkan 87,14%, Memberikan penjelasan lebih lanjut 86,00%. dan Mengatur strategi dan taktik 92,85%. Dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis pada kelas Kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran probing promting terhadap kemampuan perpikir kritis siswa di SMP Negeri Met’ana Kecamatan Kuanfatu Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Model Probing Promting, Kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 07 Jul 2022 06:41
Last Modified: 07 Jul 2022 06:41
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/286

Actions (login required)

View Item View Item