BOIMAU, Hameryani (2023) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 3 AMANUBAN TENGAH. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf Download (550kB) |
![]() |
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
3 BAB I.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
4 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
![]() |
Text
5 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
![]() |
Text
6 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
![]() |
Text
7 BAB V.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
Abstract
Proses pembelajaran di SMP Negeri 3 Amanuban Tengah belum sepenuhnya melibatkan siswa secara aktif dan mandiri sehingga siswa tidak termotivasi dalam mempelajari suatu topik materi yang diajarkan oleh guru dan hal tersebut dapat berakibat pada hasil belajar siswa yang dapat dikategorikan rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 3 Amanuban Tengah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan menggunakan desain kontrol group pree-test dan post-tes. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes dan dilakukan dengan dua tahap, yaitu pree-ttest dan post-tes. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian yang di peroleh yaitu 2,16 ≥ 1,66 artinya bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan LKPD berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis proyek, dimana siswa diberikan tugas untuk mendesain sebuah proyek berdasarkan pemahaman dan pengalaman yang diperoleh siswa, dan dalam proses pembuatan proyek ini siswa secara langsung mendesain proyek sesuai dengan instruksi yang ada pada LKPD tersebut, sehingga dari hasil eksperimen yang dilakukan oleh siswa melalui pembuatuan proyek ini maka dapat dilihat bahwa siswa dengan mudah memahami materi yang diajarkan dan hasil belajar yang diperoleh siswa dapat dikategorikan baik atau mencapai standar KKM. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis proyek ini berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Amanuban Tengah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Project Based Learning, dan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 01:49 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 01:49 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/2843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |