NESI, Oktovia Dorince (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 AMFOANG BARAT DAYA TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
|
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
3 BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
![]() |
Text
4 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
![]() |
Text
5 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
![]() |
Text
6 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
|
|
Text
7 BAB V.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Amfoang Barat Daya . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran critical incident terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posstest-Only Control Design. Populasi seluruh siswa kelas VIII berjumlah 52 siswa dan sampel kelas VIIA dan kelas VIIB berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar. Data hasil belajar siswa yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS For Windows versi 25.0. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung>ttabel atau 7,787>2,008 dengan signifikan 0,000 atau kurang dari 0,05 hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan eksperimen . Hal ini dapat dilihat dari adanya pengaruh terhadap pemahaman siswa mengenai pentingnya belajar membuat siswa menyadari bahwa untuk mendapatkan keberhasilan perlu adanya ketertarikan dalam memahami suatu konsep dalam pembelajaran, selain itu juga dilihat dari sikap siswa yang berantusias dalam belajar, memiliki rasa ingin tahu, dan berani menyampaikan pendapat saat proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan model pembelajaran Superitem memiliki potensi yang cukup besar yaitu dapat mengembangkan ide siswa tentang suatu masalah dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat persentase hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu C2 94,10%, C3 73,35% , dan C4 84,01% . Hal ini dikarenakan pada kelas eksperimen siswa lebih aktif mencari tahu sendiri tentang konsep-konsep penting dalam pembelajaran sehingga siswa lebih mudah mengingat, memahami, menerapkan dan menganalisis apa yang ditemukan dalam pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran critical incident terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran critical incident, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 04:00 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 04:00 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/252 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |