MANHITU, Yosi Estralita (2022) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKTIVIS DAN MAHASISWA NON-AKTIVIS PADA PROGRAM STUDI ILMU PENDIDIKAN TEOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA TAHUN 2022. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
Abstract
Perbedaan prestasi belajar mahasiswa aktivis dan mahasiswa non-aktivis pada Program Studi Ilmu Pendidikan Teologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Artha Wacana. Rumusan permasalahan penelitian adalah apakah ada Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Aktivis dan Mahasiswa Non-Aktivis pada Program Studi Ilmu Pendidikan Teologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Artha Wacana?, maka tujuan yang akan dicapai, yaitu untuk mengetahui Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Aktivis dan Mahasiswa Non-Aktivis pada Program Studi Ilmu Pendidikan Teologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Artha Wacana Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan desain Ex Post Facto, yaitu metode penelitian merujuk pada perlakuan di mana variabel x telah terjadi sebelumnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi berupa Kartu Hasil Studi mahasiswa Ilmu Pendidikan Teologi. Dalam penelitian ini mempunyai dua pokok permasalahan yang kemudian mengerucut dan menjadi variabel X dan Y. Variabel X adalah mahasiswa aktivis dan mahasiswa non-aktivis. Sedangkan variabel Y adalah prestasi belajar mahasiswa. Hipotesis yang diambil adalah terdapat perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa aktivis dan non aktivis, dimana mahasiswa aktivis memiliki rata – rata IPK lebih tinggi dibanding mahasiswa non aktivis. Hasil penelitian ini menunjukan rata-rata IPK mahasiswa yang aktif dalam kegiatan kemahasiswaan sebesar 3,33, IPK minimum 3,00 dan IPK maksimum 3,78. Sedangkan rata-rata IPK mahasiswa yang tidak aktif dalam kegiatan kemahasiswaan sebesar 3,25 IPK minimum 2,75 dan IPK maksimum 3,68. Dengan perbedaan signifikansi (α) = 0,05. Sampel yang diambil 20 orang Mahasiswa aktivis dan 20 orang Mahasiswa non-aktivis ttabel= 1,68. Ha ditolak apabila ( thitung ≤ ttabel ). Ha diterima apabila (thitung> ttabel). Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung= 7,27 > 1,68. Maka Ha diterima jadi terdapat perbedaaan IPK mahasiswa yang aktif dalam kegiatan kemahasiswaan dengan IPK mahasiswa yang tidak aktif dalam kegiatan kemahasiswaan. Hal tersebut mempunyai kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang siginifikan antara prestasi belajar mahasiswa aktivis dan non aktivis. Mahasiswa aktivis, mempunyai nilai positif yaitu dengan berbagai pengalaman di luar kelas yang diperoleh dari kegiatan organisasi yang diikuti. Selain itu, dapat manajemen waktu adalah salah satu manfaat yang diperoleh dari berorganisasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mahasiswa Aktivis, Mahasiswa Non-Aktivis dan Prestasi Belajar Mahasiswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) Theology > Christian Theology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 02:11 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 02:11 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1821 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |