PERAN GURU SEBAGAI PENDIDIK DALAM MENANAMKAN SIKAP DISIPLIN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR GMIT BELLE TAHUN 2020/2021

NATONIS, Marce S. (2022) PERAN GURU SEBAGAI PENDIDIK DALAM MENANAMKAN SIKAP DISIPLIN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR GMIT BELLE TAHUN 2020/2021. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)

Abstract

Disiplin merupakan suatu sikap yang menunjukkan kesadaran untuk ketaatan mentaati aturan dalam bentuk karakter moral.Oleh karena itu disiplin merupakan masalah penting. Dalam kaitan ini maka dibutuhkan peran guru di sekolah dalam menanamkan sikap disiplin belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui upaya guru sebagai pendidik dalam menanamkan sikap disiplin belajar siswa di lingkungan SD GMIT Belle, Kecamatan Ki’e Kabupaten TTS, dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk sikap disiplin belajar siswa SD GMIT Belle. Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah guru memahami dan mengerti tentang apa yang dialami oleh siswa. Guru memiliki cara untuk selalu memberikan apresiasi untuk siswa ketika mereka berhasil mengerjakan tugas mereka dengan baik. guru sudah memiliki sikap ramah terhadap guru maupun siswa baik diluar kelas maupun didalam kelas. guru sudah memberikan dorongan terhadap siswa untuk lebih memperhatikan kebutuhan dalam proses pembelajaran sehingga siswa mampu mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi dan mendorong siswa dalam mengembangkan potensi yang dimiliki secara optimal. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah guru sudah memiliki rasa empati yaitu apa yang dirasakan oleh guru terhadap siswa dan guru pun memahami akan apa yang dialami oleh siswa, guru sudah melakukan sikap ramah, bersahabat, bahkan memiliki sikap terbuka antara guru dengan siswa, baik sikap ramah ditunjukan didalam kelas dan diluar kelas, dan sudah memberikan dorongan terhadap siswa baik diluar kelas maupun didalam kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pendidik Disiplin Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan Teologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:27
Last Modified: 07 Feb 2023 01:27
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1813

Actions (login required)

View Item View Item