MANAO, Ruth Alvin (2022) KEMITRAAN GMIT DALAM BIDANG PENDIDIKAN: Suatu Tinjauan Teologi Sosial Terhadap Kemitraan GMIT Dalam Bidang Pendidikan Dan Implikasinya Bagi Upaya Pembenahan Sekolah-sekolah GMIT. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
Abstract
Keterlibatan sosial GMIT dalam bidang pendidikan dilakukan dalam kesadaran untuk menghadirkan tanda-tanda Kerajaan Allah di dunia, secara khusus dalam konteks pelayanan GMIT di Nusa Tenggara Timur. Penyelenggaraan pendidikan di GMIT tidak lepas dari sejumlah persoalan, seperti: terbatasnya fasilitas pendidikan, rendahnya kualitas tenaga pendidik, serta manajemen pendidikan di sekolah-sekolah GMIT yang belum tertata dengan baik. Menyikapi persoalan-persoalan tersebut, GMIT membangun kemitraan dengan beberapa pihak dengan tujuan untuk mengatasi persoalan serta meningkatkan kualitas pendidikan di GMIT. Namun, dampak dari kemitraan GMIT dalam bidang pendidikan belum menyentuh seluruh sekolah GMIT. Fakta tersebut penulis temukan melalui sebuah penelitian dengan metode kualitatif di lima sekolah GMIT di kabupaten TTS dan satu sekolah GMIT di Kota Kupang. Lima sekolah GMIT di kabupaten TTS belum merasakan dampak dari kemitraan GMIT dalam bidang pendidikan. Hingga kini mereka masih berjuang untuk meningkatkan kesejahteraan guru, fasilitas pendidikan, dan manajemen pendidikan. Berbeda dengan SMA Lentera Harapan Kupang sebagai salah satu sekolah GMIT yang lahir dari kemitraan GMIT dengan Yayasan Pelita Harapan. SMA Lentera Harapan Kupang menampilkan kualitas lebih baik dibandingkan lima sekolah GMIT di Kabupaten TTS. Penulis melakukan analisa berdasarkan teori teologi sosial Banawiratma. Dua aspek teologi sosial yang ditekankan adalah aspek sosial dan aspek historis. Aspek sosial menunjuk pada keterlibatan semua pihak dalam penyelengggaraan pendidikan di GMIT, secara khusus dalam kemitraan eksternal dan internal GMIT. Sementara itu aspek historis menunjuk pada suatu usaha mempertahankan esensi sekolah-sekolah GMIT sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pelayanan gereja. Pada akhirnya, tulisan ini mengajak semua pihak untuk memaknai hakekat keberadaan GMIT sebagai mitra Allah melalui kemitraan dalam bidang pendidikan. Sebelum GMIT membangun kemitraan dengan pihak lain, GMIT itu sendiri adalah mitra Allah. Oleh karena itu, perlu adanya optimalisasi penyelenggaraan pendidikan di GMIT melalui kemitraan dalam bidang bidang pendidikan dalam rangka pembenahan sekolah-sekolah GMIT. Upaya optimalisasi tersebut dilakukan di dalam kesadaran untuk menghadirkan tanda-tanda kerajaan Allah di dunia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemitraan, Pendidikan, KeterlibatanSosial, Keadilan, Optimalisasi. |
Subjects: | Theology > Christian Theology |
Divisions: | Fakultas Teologi > Teologi Agama Kristen |
Depositing User: | Mr Admin UKAW |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 02:36 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 02:36 |
URI: | http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1716 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |