PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI MS GLOW KOTA KUPANG

SEUK, Sovia (2022) PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI MS GLOW KOTA KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)

Abstract

Pada dasarnya saluran distribusi merupakan kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudahkan penyampaian barang dan jasa dari produsen ke konsumen, sehingga penggunanya sesuai dengan yang diperlukan. Menurut Abubakar(2018:60) Sedangkan menurut Sunyoto (2015 :198) saluran distribusi dapat di artikan sekelompok pedagang dan agen perusahaan yang mengkombinasikan antara pemindahan fisik dan nama dari satu produk untuk menciptakan kegunaan bagi pasar tertentu. Menurut sunyoto (2015:158) promosi merupakan kegiatan yang ditunjukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut. Dalam promosi terdapat komunikasi yang harus dibangun oleh pihak produsen kepada para konsumennya. Sebab dengan komunikasi yang baik dan jelas, akan memberikan pengaruh positif antara keduabelah pihak dalam rangka membangun saling percaya, tanpa ada rasa curiga satu sama yang lain. Volume penjualan menurut pendapat yang dikemukan oleh John Downesdan Jordan Elliot Goodman yang dikutip oleh Susanto Budidharmo (2000:646), yaitu volume penjualan adalah total penjualan yang didapat dari komoditas yang diperdagangkan dalam suatu masa tertentu. Dan juga menurut Winardi (2001:359), volume penjulan sebagai hasil penjualan yang dinyatakan dalam bentuk kualitatif,fiscal atau volume sedangkan menurut Swastha(2003:141)Apabila perusahaan memiliki produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau secara system distribusi yang baik namun tidak mampu memperkenalkan produk secaraluas dan merata,maka produk yang dihasilkan tidakakan memiliki nilai jual.disamping itu, agar konsumen mudah memperoleh produk yang dibutukan maka distribusi merupakan suatukegiatan yang penting sebgai penghubung antara produsen dan konsumen pengguna atau pengeluaran biaya distribusi berperan sebagai penjual cepat untuk menyalurkan batang atau produk ke tangan pelanggan. Berdasarkan penjulasan diatas maka penelitian ini akan membahas hubungan saluran distribusi dan promosi terhadap volume penjualan pada ms glow kota kupang. dalam penelitian ini metode yang digunaka nadalah menggunakan metode kuantitatif, sampel yang berdasarkan karyawan pada msglow diperoleh sampel sebanyak 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui hubungan saluran distribusidan promosi terhadap volume penjualan(ujif)dan uji koefisien determinasi(r2)dari hasil penelitian yang dilakukan saluran distribusi(X1)dan promosi(X2)seacara simultan berpengaruh positif terhadap volume penjualan(Y)pada MsGlow Kota Kupang Hal yang membuktikan bahwa hasil dari pengujian ini dapat dianalisi regresi linear berganda dan nilai konstantaa sebesar 8.189 sedangkan koefisien regresib1=0.114,b2adalah 0.351dengan demikian persamaan regresilinear berganda yang memperlihatkan pengaruh saluran distribusi(X1)dan promosi(X2)terhadap volume penjualan(Y)adalah sebagai berikut:Y =8,189+0,114X1+0,651X2+e Dengan demikian persamaan regresi linear berganda ini dapat diartikan sebagai berikut: nilai konstanta sebesar 8,189 artinya jika nilai saluran distribusi(X1)dan promosi(X2) sama dengan nol, maka volume penjualan(Y)akan meningkat sebesar 8,189 poin. koefisien regresi(b1)sebesar 0,114 artinya jika saluran distribusi(X1) mengalami kenaikan sebesar 1 poin maka volume penjualan(Y) akan meningkat sebesar 0,114 poin dengan asumsi varibel lainnya konstant.koefisisen regresi(b2) sebesar 0,651 artinya jika promosi(X2)mengalam ikenaikan sebesar1 poin,maka volume penjualan (Y) akan meningkat sebesar 0,651poin dengan asumsi variabelainnya konstant. Hal tersebut menunjukan bahwa variabel saluran distribusi(X1)dan variabel promosi(X2)memiliki arah pengaruh yang positif terhadap volume penjualan (Y).Ujit pada dasarnya digunakan untuk mengetahui apakah secara parsial variabelin dependen berpengaruh secara signifikan atau tidak terhadap variabel dependen (priyanto 2011:90).Toleransi yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah 5%(a=0,05), sebagai batasan. kriteria Ttabel =t(a /2:n-k-1) =t(0,025:30-2-1) =27 Ttabel dari 27=2,052 Kriteria pengujian hipotesis dalam uji koefisien secara parsial (terpisah) adalah sebagai berikut: Jika thitung>ttabel : maka Ha diterima dan H0 ditolak Jika thitung<ttabel: maka Ha ditolak dan H0 diterima Pengujian Hipotesis Pertama: Pengaruh saluran distribusi (X1) Terhadap volume penjualan (Y)Berdasarkan tabel diatas diketahui bahwa nilai signifikan 0,020< 0,05 dan t-hitung 2,466>t-tabel 2,052 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel saluran distribusi(X1)terhadap volume penjualan(Y) Pengujian Hipotesis Kedua: Pengaruh promosi (X2) Terhadap volume penjualan (Y).Berdasarkan tabel diatas diketahui bahwa nilai signifikan sebesar 0,000< 0,05 dan t-hitung 5,630>t-tabel 2,052 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak artinya ada pengaruh positif antara variable promosi(X2)terhadap volume penjualan(Y)Diketahui bahwa F-hitung>F tabel yaitu 21,206>3,34 dan signifikan 0,000<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Hadi terima dan Ho ditolak atau saluran distribusi (X1)dan promosi(X2)seacara simultan berpengaruh positif terhadap volume penjualan (Y) Berdasarkan dari hasil koefisien determinasi dapat diketahui bahwa nilai R=0,782.Untuk mengetahui besarnya variansi dari volume penjualan dapat dilihat dari nilai Adjusted RAquare yang diperoleh sebesar0,611.Hal ini menunjukan bahwa 61,1% variable volume penjualan(Y) dapat dijelaskan oleh saluran distribusi(X1) dan Promosi (X2) dan sisanya 39,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini:

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Saluran distribusi, promosi, volume penjualan.
Subjects: Economic > Economy Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:52
Last Modified: 02 Feb 2023 02:52
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1568

Actions (login required)

View Item View Item