ANALISIS PENGARUH PROMOSI DAN LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR YAMAHA DI PT. HASJRAT ABADI KUPANG

TANESIB, Liberty Thersia (2022) ANALISIS PENGARUH PROMOSI DAN LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR YAMAHA DI PT. HASJRAT ABADI KUPANG. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk melihat bagaimana promosi, layanan purna jual, dan keputusan pembelian serta bagaimana pengaruh antara promosi dengan keputusan pembelian dan pengaruh layanan purna jual dengan keputusan pembelian pada PT. Yamaha Hasjrat Abadi Kupang, karena peneliti menemukan terdapat penurunan penjualan yang mengindikasikan bahwa adanya penurunan keputusan pembelian konsumen. Konsep penelitian dalam skripsi ini adalah lingkungan promosi, layanan purna jual, dan keputusan pembelian. Kotler dan Keller (2016:96) menyatakan keputusan pembelian konsumen merupakan bagian dari perilaku konsumen yaitu studi tentang bagaiman barang, jasa, ide atau pengalaman untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka. Menurut Tjiptono (2012:219) promosi adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk, dan mengingatkan pasar sasaran atau perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Menurut M. Yusup (2011:10) pelayanan purna jual merupakan tanggung jawab penjual atas kualitas barang yang dijualnya yang dapat diberikan dalam bentuk konsultasi lanjutan, atau garansi berupa penggantian barang rusak, pemeliharaan, penyediaan suku cadang dan lain sebagainya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dan sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah pengguna motor Yamaha yang berlokasi di kota Kupang yang berjumlah 96 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada responden, kemudian data dianalisis menggunakan teknik uji regresi linear berganda menggunakan SPSS. Dari hasil penelitian, dalam analisis lanjutan yang menggunakan analisis deskriptif presentase diketahui bahwa promosi pada PT. Yamaha Hasjrat Abadi Kupang berada dalam kategori tinggi, layanan purna jual dalam kategori tinggi, dan keputusan pembelian dalam ketegori tinggi. Indikator dari masing- masing variabel tersebut juga dideskripsikan dengan bantuan tabel distribusi frekuensi. Dalam analisis lanjutan yang menggunakan teknik analisis uji regresi linear berganda diketahui bahwa promosi mempunyai hubungan positif dengan keputusan pembelian yang ditunjukkan dengan nilai t hitung 3,493 > 1,986 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan layanan purna jual mempunyai hubungan negatif dengan keputusan pembelian yang ditunjukkan dengan nilai t hitung 0,848 < 1,986 yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak dengan demikian layanan purna jual berpengaruh negatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Promosi, Layanan Purna Jual, keputusan pembeli
Subjects: Economic > Economy Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 03 Feb 2023 01:33
Last Modified: 03 Feb 2023 01:33
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1492

Actions (login required)

View Item View Item