PENGARUH GRATIS ONGKOS KIRIM, DISKON DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKAW Kupang)

JOGO, Angela Merici Teang (2022) PENGARUH GRATIS ONGKOS KIRIM, DISKON DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKAW Kupang). Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Gratis Ongkos Kirim, Diskon Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Marketplace Shopee”. Penelitian ini dilakukan karena peneliti perlu mengetahui variabel yang di teliti pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKAW Kupang. Menurut Assauri (2010:268) Gratis ongkos kirim merupakan bagian dari promosi penjualan yaitu kegiatan untuk mendorong pembelian yang berupa usaha penjualan khusus(special selling effort)seperti pameran display, eksibisi, peragaan/ demonstrasi dan kegiatan penjualan lainnya yang dapat dilakukan sewaktu-waktu. Menurut Tjiptono (2008:166) diskon adalah potongan harga yang diberikan oleh penjual Kepada pembeli sebagai penghargaan atas aktivitas tertentu dari pembeli yang menyenangkan bagi penjual. Diskon merupakan potongan harga yang diberikan penjual kepada pembeli sebagai bentuk penghargaan atas aktivitas tertentu bagi pembeli yang menyenangkan bagi penjual. Menurut Liliweri dalam Widyatama (2011:15) Iklan merupakan suatu proses komunikasi yang mempunyai kekuatan sangat penting sebagai alat pemasaran yang membantu menjual barang, memberikan layanan, serta gagasan atau ide-ide melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi yang persuasif. Menurut Tjiptono (2014:21) keputusan pembelian adalah sebuah proses dimana konsumen mengenal masalahnya, mencari informasi mengenai produk atau merek tertentu dan mengevaluasi secara baik masing-masing alternative tersebut dapat memecahkan masalahnya, yang kemudian mengarah kepada keputusan pembelian. Keputusan pembelian merupakan sebuah proses pengambilan keputusan yang diawali dengan pengenalan masalah kemudian mengevaluasinya dan memutuskan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan penjelasan diatas maka dalam penelitian ini peneliti akan membahas tentang pengaruh gratis ongkos kirim, diskon dan iklan terhadap keputusan pembelian online pada marketplace shopee. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKAW Kupang Angkatan 2018. Teknik Pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner yang berisi pertanyaan atau pernyataan secara ofline pada responden berjumlah 86 responden yang menggunakan marketplace shopee untuk berbelanja. Kemudian data responden dianalisis menggunakanan alisisregresi linear berganda, Uji T, Uji F, Uji Koefisien Determinasi (R2) dan olah data menggunakan SPSS Versi 24. Dari hasil penelitian dalam analisis pendahuluan yang menggunakan analisis deskriptif presentase diketahui bahwa, variable gratis ongkos kirim berada dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 66,36%. Variabel diskon berada dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 63,83%. Variabel iklan berada dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 55,10%. Dan variable keputusan pembelian berada dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 68,54%. Hasil penelitian analisis lanjutan dalam analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS Versi 24 dengan hasil nilai konstanta a sebesar 3,485. Hasil Uji T menunjukkan bahwa gratis ongkos kirim berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online pada marketplace shopee menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 4,866 >t tabel sebesar 1,989. Diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online pada marketplace shopee menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 2,928 >ttabel sebesar 1,989.Iklan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online pada marketplace shopee menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 1,933 <ttabel sebesar 1,989.Untuk hasil Uji F dapat diketahui bahwa Fhitung>Ftabel yaitu 76,633 > 2,71 dan tingkat signifikan adalah sebesar 0,00 < 0,05, maka disimpulkan bahwa gratis ongkos kirim, diskon, dan iklan berpengaruh bersama-sama (simultan) terhadap keputusan pembelian online pada marketplace shopee. Berdasarkan table hasil Uji Koefisien Determinasi (R2) dapat diketahui bahwa nilai R Square adalah sebesar 0,737 atau 73,7%. Hal ini berarti bahwa besarnya pengaruh gratis ongkos kirim, diskon dan iklan terhadap keputusan pembelian online pada marketplace shopee adalah 73,3% sedangkan pengaruh sebesar 26,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gratis Ongkos Kirim, Diskon, Iklan Dan Keputusan Pembelian
Subjects: Economic > Economy Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Manajemen
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:12
Last Modified: 02 Feb 2023 02:12
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/1473

Actions (login required)

View Item View Item