ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI BIOLOGI DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 8 KUPANG TAHUN AJARAN 2021/2022

ROGALELI, Adel Elisabet (2021) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI BIOLOGI DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 8 KUPANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Artha Wacana Christian University.

[img]
Preview
Text
A. COVER.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
C. BAB I.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img]
Preview
Text
G. BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada materi biologi dalam pembelajaran di masa pandemi COVID-19 di SMA Negeri 8 Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data untuk menganalisis miskonsepsi pada peserta didik dilakukan dengan menggunakan instrumen three-tier diagnostic tes dengan melibatkan 20 peserta didik kelas XI MIPA. Materi yang digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik yaitu materi sistem peredaran darah yang terdiri dari 10 butir soal. Analisis data dilakukan dengan mencari persentase miskonsepsi dari masing-masing butir soal. Untuk mengetahui persentase peserta didik yang miskonsepsi, paham konsep, paham konsep tapi kurang yakin, dan tidak paham konsep, data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus p=f/n X 100. Dari hasil penelitian didapatkan data miskonsepsi peserta didik dengan persentase rata-rata sebesar 32,5%, berada pada kategori miskonsepsi sedang. Nilai rata-rata peserta didik yang paham konsep tetapi kurang yakin sebesar 1,5% dan rata-rata peserta didik yang tidak paham konsep sebesar 6,5%. Secara keseluruhan nilai rata-rata peserta didik yang paham konsep lebih besar jika dibandingkan dengan nilai kategori lain yaitu sebesar 59%. Disimpulkan bahwa hasil persentase miskonsepsi peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 8 Kupang yang di dapat, dalam penelitian ini berada pada kategori miskonsepsi sedang (31-60= sedang).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Pembelajaran, Masa Pandemi.
Subjects: L Education > Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Admin UKAW
Date Deposited: 08 Jul 2022 04:16
Last Modified: 08 Jul 2022 04:16
URI: http://repo-ukaw.superspace.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item View Item